membangun data center

Syarat Membangun Data Center di Indonesia berdasarkan Lokasi

Syarat membangun data center di indonesia tidaklah mudah karena secara fakta geologis wilayah indonesia memiliki resiko bencana seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, kebakaran, angin topan dan tsunami walaupun tidak terjadi setiap hari namun berdasarkan catatan kejadian maka ini dapat menjadi tantangan besar untuk perusahaan yang ingin membangun data center di indonesia.

Fakta menariknya adalah berdasarkan data dari APJII, pada kuartal II 2020 bahwa ternyata ada sekitar 196,7 juta pengguna internet di indonesia atau sekitar 73,7 persen dari total penduduk di Indonesia yang berjumlah sekitar 266,9 juta.

Dari sudut pandang pengguna layanan data center seperti pelanggan layanan colocation rack atau sewa dedicated server sebenarnya yang terpenting adalah tersedianya akses internet yang cepat sehingga server dapat diakses dengan cepat dari seluruh dunia.

Namun ada beberapa hal penting yang memang harus dipertimbangkan oleh perusahaan penyedia layanan data center dalam menentukan lokasi sebagai syarat untuk membangun data center terbaik

  1. Harus Minim Resiko Bencana
    Perusahaan Data Center harus mencari lokasi yang dianggap minim resiko dari bencana alam di indonesia seperti tidak membangun data center di lokasi yang sering kena langganan banjir atau tidak membangun dilokasi yang tingginya dibawah permukaan laut, tidak membangun dilokasi jalur gunung berapi, tidak dijalur penerbangan dan lokasi lain yang punya catatan bencana alam.

  2. Harus Mempertimbangkan Faktor Iklim
    Semakin banyak server dalam rack pada data center pastinya akan menimbulkan hawa panas yang tinggi dan tentu membuat kerja pendingin ruangan semakin berat yang akhirnya dapat memakan biaya listrik yang besar. Untuk solusi ini perusahaan data center dapat memilih lokasi yang sejuk dan dingin agar dapat dimanfaatkan sebagai pendingin alami atau untuk dapat mengurangi beban kerja pendingin ruangan sehingga biaya listrik bisa menjadi lebih hemat.

  3. Harus Listrik yang Stabil
    Data center harus berada di lokasi dengan ketersediaan listrik dan infrastruktur listrik yang baik dan tidak berada pada lokasi dengan catatan pemadaman listrik yang sering terjadi dikarenakan konsumsi listrik yang tinggi dilokasi tersebut.

  4. Harus yang Aman Terjamin
    Perusahaan data center harusnya bisa menjamin Privasi, Keamanan dan Kerahasian data pelanggan untuk tidak mudah diakses atau diminta oleh pihak lain dengan alasan apapun. Ketidakstabilan politik suatu negara juga merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan sehingga pemilik data center harusnya tidak membangun data center di lokasi dimana sering terjadi demonstrasi.
    pengguna layanan web hosting atau cloud hosting server juga lebih disarankan menggunakan data center indonesia untuk menjaga kedaulatan data indonesia.

Demikianlah 4 Faktor penting yang harus harus dipertimbangkan perusahaan untuk membangun pusat data jika ingin menjadi pemain data center indonesia.

Apakah anda ingin menggunakan Data Center Terbaik di Indonesia?
Butuh konsultasi layanan Data Center? Hubungi kami di WhatsApp +62 811 633 0092

PT RackH Lintas Asia (https://www.rackh.com)


Related Posts

Email Hosting Terbaik
Email Hosting Terbaik Murah dan Aman di Indonesia

Email Hosting Terbaik Murah dan Aman  saat ini banyak dicari oleh perusahaan maupun...

Layanan Data Center
Layanan Data Center, Colocation Server, Rack dan Private Cage

Layanan Data Center, Colocation Server, Half Rack, Full Rack, Private Cage adalah berapa...