Perbedaan Cloud Hosting

Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, VPS dan Dedicated Server

Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, VPS dan Dedicated Server adalah hal yang penting untuk diketahui sebelum Anda menentukan pilihan dalam membeli layanan dari salah satu provider hosting terbaik di indonesia.

Ketika Anda membuat website maka hal yang harus Anda pikirkan selanjutnya adalah membeli layanan hosting atau web hosting.

Apakah Anda sudah tau layanan hosting apa yang paling cocok untuk menampung Website Anda?

Setiap layanan hosting atau web hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan berikut adalah penjelasannya:

  1. Shared Hosting
    Shared Hosting adalah layanan web hosting paling murah dan paling populer untuk para pemula yang sedang membangun website seperti untuk profile atau personal blog.
    Secara teknis Shared Hosting adalah satu Server yang digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus. Para pengguna layanan shared hosting tersebut berbagi resource & kapasitas server secara bersama-sama. Shared Hosting disebut juga sebagai web hosting tradisional. Kelebihan Shared Hosting adalah harganya yang sangat murah dan Kekurangannya adalah karena server digunakan bersamaan, jika salah satu pengguna menyebabkan gangguan atau overload, pengguna lain di server yang sama berpotensi terkena dampak gangguan.

  2. Cloud Hosting
    Jika sebelumnya Shared Hosting dikatakan sebagai Tradisional Web Hosting maka untuk Cloud Hosting adalah Modern Web Hosting dimana Cloud Hosting adalah tipe hosting yang dapat membagi sumber daya (resource) Server secara terpisah seperti besaran CPU, RAM, Storage untuk masing-masing pengguna dalam Server itu sendiri dan resource dapat dikurangi atau ditingkatkan kapan saja dibutuhkan. Kelebihan Teknologi Cloud Hosting adalah dapat memastikan bahwa tidak ada satu Website pun yang bisa menyebabkan Server Down jika salah satu pengguna mengalami gangguan atau overload. Kekurangan dari Cloud Hosting adalah diharga yang relatif lebih mahal dibanding shared hosting.

  3. VPS
    VPS atau Virtual Private Server adalah hampir sama dengan Cloud Server yaitu sebuah teknologi partisi ataupun membagi sumberdaya (resource) sebuah server fisik menjadi beberapa server virtual dan didalam server virtual tersebut bisa diinstall sistem operasi dan software serta memiliki kemampuan menjalankan sistem operasi sendiri seperti layaknya sebuah server fisik. Kelebihan VPS adalah memiliki akses root untuk OS Linux dan Administator untuk OS Windows, memiliki ip public.
    Kekurangan layanan VPS adalah tidak cocok untuk pemula karena dibutuhkan keahlian seperti mengelola server, kerusakan hardware server akan mempengaruhi semua vps dalam server fisik yang sama dan harga yang lebih mahal dari layanan Cloud Hosting.

  4. Dedicated Server
    Dedicated Server disebut juga Dedicated Hosting adalah layanan hosting dimana Anda dapat menyewa seluruh server dan tidak dibagi dengan siapapun. Kelebihan layanan dedicated server adalah memiliki fisik server secara keseluruhan, akses root untuk OS Linux dan Administrator untuk OS Windows, Data lebih Aman dan masalah Privasi lebih terjamin, sumberdaya (resource) yang lebih tinggi dari layanan VPS dan cloud hosting, memiliki ip public, prioritas layanan, jaminan kerusakan hardware pada server menjadi tanggung jawab provider hosting, mengurangi biaya infrastruktur perusahaan dan Manajemen IT. Kekurangan layanan dedicated server adalah tidak cocok untuk pemula karena dibutuhkan keahlian mengelola server secara penuh, harus melakukan update, patch dan monitoring, harga sewa server dedicated yang mahal, semakin tinggi spesifikasi server maka biaya sewa server semakin mahal.

Kesimpulan dari Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, VPS dan Dedicated Server adalah lebih mengacu kepada kebutuhan dan budget atau anggaran Anda.

Jika Anda adalah pengguna pemula maka bisa menggunakan layanan Shared Hosting dan Cloud Hosting, untuk Anda pengguna yang ingin lebih leluasa dalam pengembangan dan anggaran masih terbatas maka bisa beli VPS, namum untuk Anda yang sudah konsen terhadap keamanan data dan privasi atau Anda memiliki website dengan traffic tinggi maka disarankan untuk menggunakan layanan dedicated server.

Pepatah mengatakan bahwa harga biasanya akan sebanding dengan kualitas. Jadi pilihlah Provider Hosting Terbaik di Indonesia.

Butuh konsultasi layanan Hosting Data Center? Hubungi kami di WhatsApp +62 811 633 0092

PT RackH Lintas Asia (https://www.rackh.com)


Related Posts

Pengertian Dedicated Server
Pengertian Dedicated Server beserta kegunaannya

Pengertian Dedicated Server beserta kegunaannya untuk Anda Bisnis yang serba online saat ini...

Dedicated Server Terbaik
Dedicated Server Terbaik dan Termurah di Indonesia

Dedicated Server Terbaik dan Termurah di Indonesia saat ini banyak dicari oleh Perusahaan...