Local Host: Pengertian, Jenis Aplikasi, dan Fungsi Utamanya!

Pada hakikatnya, local host adalah server lokal yang berfungsi sebagai jalur akses bagi situs web. Biasanya, server lokal ini digunakan untuk proses pembuatan situs website statis. Kemudian, server lokal ini akan terhubung dalam aplikasi tambahan. Penasaran tentang tools satu ini? Mari, simak selengkapnya!

Apa itu Local Host?

Local host adalah sebuah server lokal yang berfungsi untuk menampung seluruh kebutuhan data untuk keperluan pembuatan program website. Kemudian, jenisnya pun beragam. Bahkan, perangkat komputer yang saat ini sedang Anda gunakan, bisa Anda sebut juga sebagai local host.

Setiap perangkat baik itu komputer maupun laptop, pada dasarnya mempunyai sebuah server lokal. Server tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membangun sebuah situs website secara offline (statis). Sebelum, nantinya situs tersebut dapat terakses secara online oleh para pengguna di internet.

Baca Juga: Pengertian Bandwidth Lokal dan Internasional

Jenis Aplikasi Server Local Host

Berikut adalah beberapa jenis server lokal yang tersedia dalam bentuk aplikasi. Simak penjelasan lengkapnya:

1. XAMPP

Salah satu aplikasi server lokal yang sudah sangat populer adalah XAMPP. Aplikasi ini tersedia gratis, dikembangkan oleh perusahan Apache and Friends. Melalui XAMPP, Anda dapat menggunakan fitur Apache HTTP Server sebagai pusat database. Kemudian, menggunakan PHP sebagai bahasa programnya. 

Aplikasi  XAMPP dapat terunduh pada berbagai perangkat sistem operasi. Mulai dari Windows, Linux, bahkan MacOS. Kemudian, XAMPP juga memiliki beberapa kelebihan antara lain sebagai berikut:

  • Perpindahan yang mudah dari satu server lokal ke server online.
  • Pengembangannya mudah, serta dapat menginstal program WAMP dan LAMP dengan praktis dan sederhana.
  • Dapat menginstal WordPress dan Joomla! untuk platform hosting.

2. AMPPS

Aplikasi kedua adalah AMPPS. AMPPS merupakan aplikasi besutan Softaculous dan dapat Anda akses secara gratis. Di dalamnya, terdapat tools pendukung lan seperti seperti Apache, MySQL, PHP, bahkan Python. Selain itu, AMPPS juga memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Fitur instalasi Softaculous.
  • Dapat memasang banyak aplikasi di situs web secara praktis seperti WordPress, Joomla!, dan juga Drupal.¬†

Baca Juga: Ini Dia 6 Kelebihan WordPress Sebagai CMS Terbaik di Dunia

Fungsi Local Host untuk Situs Web dan Server

Berikut adalah beberapa fungsi dari local host untuk keperluan situs web dan jaringan server. Simak penjelasan lengkapnya:

1. Sebagai Server Offline

Local host memiliki fungsi utama sebagai sebuah server lokal yang dapat Anda akses secara offline. Artinya, server lokal ini dapat beroperasi tanpa perlu koneksi internet. Ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang membuat program website. 

2. Server Testing Uji Coba Website

Karena mekanismenya yang bekerja secara offline, server ini sangat cocok sebagai server testing guna keperluan uji coba website. Sehingga, situs yang sedang Anda kembangkan dapat melewati tahap validasi dengan optimal tanpa membutuhkan server online berbayar.

3. Mengecek Koneksi Internet Pada Perangkat

Tak hanya sebatas sebagai server saja. Local host adalah tools aplikasi yang bisa Anda manfaatkan sebagai media pengecekan koneksi internet. Sehingga, Anda bisa mengetahui kecepatan jaringan WiFi yang terhubung pada perangkat yang sedang Anda gunakan.

4. Memblokir Akses Website Tertentu

Server lokal ini ternyata bisa bekerja secara online saat terhubung dengan koneksi internet. Nah, pada saat terhubung dengan internet, server dapat memblokir situs web yang memiliki potensi virus atau cyber attack. Caranya, yakni dengan memberi akses tools pada fitur command prompt Windows.

Sudah Paham Tentang Apa itu Local Host?

Intinya local host adalah server lokal yang bermanfaat dalam proses pembuatan situs web. Bicara soal server, jika Anda membutuhkan layanan server terbaik, dapatkan segera hanya di Rackh. Selain itu, tersedia juga layanan hosting dan maintenance website lainya untuk Anda!


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website