Data Center di Indonesia

Data Center di Indonesia Lebih Bagus dari Luar Negeri

Data Center di Indonesia saat ini sedang tumbuh pesat dengan banyaknya muncul Perusahaan Start-Up pengembang aplikasi dan kebutuhan perusahaan-perusahaan akan aplikasi sebagai penunjang bisnisnya sehingga pusat data sangatlah diperlukan untuk tempat penyimpanan server yang berisi data aplikasi perusahaan tersebut.

Perusahaan di indonesia tidak perlu khawatir dengan bagaimana cara membangun ruangan untuk tempat penyimpanan server perusahaan karena saat ini sudah banyak penyedia layanan data center dan Provider Hosting Terbaik indonesia. Layanan yang ditawarkan seperti Colocation Server, Dedicated Server, Cloud Hosting Server dan lain-lain.

Lebih baik menggunakan Data Center di Indonesia dari pada luar negeri
Sebelumnya perusahaan banyak yang menggunakan layanan data center luar negeri dan akhirnya banyak perusahaan yang sadar bahwa lebih baik menggunakan data center dalam negeri dengan alasan sebagai berikut:

  1. Lokasi lebih dekat secara bisnis
    Penggunaan layanan data center di dalam negeri akan menguntungkan perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Jika target bisnisnya adalah dalam negeri maka penggunaan data center lokal indonesia adalah solusi yang tepat secara bisnis karena akses dari pelanggan ke server lebih dekat sehingga bisa mengurangi latensi secara signifikan dan koneksi jaringan menjadi lebih cepat.
  2. Biaya Lebih Murah
    Memilih di dalam negeri tentunya lebih murah dari pada memilih lokasi di luar negeri yang jauh, biaya yang dikeluarkan pun akan relatif lebih besar. Biaya ini meliputi kebutuhan maintenance, pajak, kunjungan dan biaya keperluan lainnya.
  3. Kedaulatan Data dan Resiko Keamanan
    Menggunakan layanan data center artinya mempercayakan data perusahaan kepada pihak provider layanan. Jika data center yang berada di luar negeri maka risiko keamanan data pribadi akan lebih tinggi. Bayangkan jika data yang kita simpan adalah database pemerintahan indonesia?
    risiko seperti pencurian data, hacking, copy data server, hingga kerusakan sistem jaringan merupakan beberapa risiko yang mengancam yang harus kita pikirkan sebelumnya jika ingin menggunakan pusat data luar negeri.
  4. Akses dan Komunikasi yang mudah
    Alasan terakhir memilih di dalam negeri adalah karena alasan akses yang mudah, masalah komunikasi dan bahasa. Akses yang mudah diperlukan jika suatu waktu terjadi masalah terhadap server pada data center atau masalah lain seperti sengketa. Data center dalam negeri diatur oleh peraturan pemerintah indonesia sehingga jika terjadi kendala hukum terhadap penggunaan dan penyediaan layanan dapat dengan mudah diselesaikan sesuai dengan peraturan perundangan indonesia. Masalah komunikasi dan bahasa antara pelanggan dan provider tentunya tidak akan menjadi masalah.

Jadi begitulah alasan mengapa memilih Data Center di Indonesia Lebih Bagus dari Luar Negeri selain lokasi yang dekat untuk mendukung aktivitas dan bisnis perusahaan maka bisa mendapatkan keuntungan lainnya seperti pemangkasan anggaran perusahaan. Pilih Data Center Terbaik di Indonesia untuk menunjang bisnis menjadi lebih baik.

Butuh konsultasi layanan Data Center? Hubungi kami di WhatsApp +62 811 633 0092

PT RackH Lintas Asia (https://www.rackh.com)


Related Posts

Pengertian Dedicated Server
Pengertian Dedicated Server beserta kegunaannya

Pengertian Dedicated Server beserta kegunaannya untuk Anda Bisnis yang serba online saat ini...

Cara Pilih Provider Email
Cara Pilih Provider Email Hosting Terbaik di Indonesia

Cara pilih provider email hosting terbaik di indonesia sangatlah penting karena email adalah tentang...