Cara Termudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri
Hosting - 16 February 2019 - by RackH
Cara Termudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Mengetahui cara membuat email dengan domain sendiri merupakan hal yang sangat penting bagi anda yang ingin terlihat lebih profesional baik secara personal ataupun untuk urusan bisnis. Bagi anda yang memiliki bisnis, memiliki email dengan domain sendiri merupakan hal yang wajib karena bisnis anda akan dicap sebagai bisnis yang tidak profesional jika masih menggunakan email gratis yang disediakan oleh penyedia email seperti Gmail, Outlook ataupun Yahoo.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Termudah

Sementara itu secara sisi personal email dengan domain sendiri akan mampu menaikkan tingkat profesionalisme anda didepan orang lain terutama jika anda berstatus sebagai pekerja lepas atau freelance, tentu anda akan jauh terkesan lebih profesional jika menggunakan email dengan domain sendiri.

Email dengan domain sendiri adalah email yang menggunakan domain dengan nama anda atau nama bisnis anda sendiri, contohnya: hai@nilocatur.com, kontak@bisnisanda.com. Jadi ketika ada seseorang yang akan mengirimkan email kepada anda, mereka akan mengirimkannya ke email domain yang anda miliki tersebut. Lalu bagaimana cara membuat email dengan domain sendiri? Sebelum membuat email dengan domain sendiri ada beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu. Untuk mengetahuinya, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Pengertian, Manfaat dan Fungsi SSL Pada Website Anda

Hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat email dengan domain sendiri

Sebelum membuat email dengan domain sendiri ada beberapa hal yang harus anda lakukan, diantaranya adalah:

Web Hosting dan Domain. Syarat yang wajib anda persiapkan sebelum membuat email dengan domain sendiri adalah web hosting dan domain. Anda harus memiliki sebuah web hosting dan domain terlebih dahulu sebelum membuat email dengan domain sendiri. Jika anda belum memiliki web hosting dan domain, anda bisa membeli paket web hosting murah terbaik dan domain termurah se-Indonesia dari RackH.

Baca juga: Cara Memilih Domain Yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Akun Gmail. Setelah anda memiliki web hosting dan email, syarat wajib berikutnya yang harus anda miliki adalah akun email dari google atau akun Gmail. Anda bisa membuat sendiri akun gmail secara gratis. Jika anda tidak mengetahui cara membuat email gmail, maka anda bisa melihat artikel Cara Membuat Email Baru Gmail Terlengkap 2019. Nantinya akun gmail ini bisa anda gunakan untuk mem-forward seluruh email masuk yang ada pada akun email domain anda menuju akun gmail yang anda miliki, sehingga seluruh email dapat anda terima melalui gmail dan akan lebih tertata rapi. Namun jika anda tidak ingin menghubungkan email domain anda ke gmail, maka anda tetap dapat menggunakannya melalui webmail.

Setelah anda mempersiapkan seluruh persyaratan diatas maka langkah selanjutnya tentu membuat email dengan domain sendiri. Berikut adalah langkah membuat email dengan domain sendiri.

Cara termudah membuat email dengan domain sendiri di cpanel

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka cPanel web hosting yang anda miliki. Untuk masuk ke cPanel web hosting anda, silahkan akses domainanda.com/cpanel

Halaman login cPanel

Lalu kemudian pada bagian Email, pilih tombol email dengan tulisan Email Account.

Baca juga: Tips Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Website Anda

Menu email pada cPanel

Akan muncul halaman akun email, pilih tab Add Email Account, lalu masukkan informasi email yang akan anda buat. Setelah itu tekan tombol Create Account.

Setelah anda milih Create Account. Maka akun email dengan hosting anda sudah selesai, selanjutnya tentu anda akan mencoba untuk login dengan menggunakan email domain anda. Untuk mengetahuinya simak caranya berikut ini.

Baca juga: 9 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Di Windows dan Android Dengan Mudah

Cara login email domain di webmail

Untuk login atau membuka email domain yang baru saja dibuat, anda bisa melakukannya melalui webmail. Webmail adalah sebuah aplikasi yang memiliki fungsi sama persis seperti Gmail ataupun Yahoo dimana kita sebagai user bisa mengirim, menerima email, melampirkan file dan hal dasar lain yang bisa dilakukan pada layanan email gratis. Berikut adalah cara membuka webmail:

  • Buka webmail melalui link webmail.domainanda.com atau dengan domainanda.com/webmail. Kemudian akan muncul halaman login webmail seperti halaman login cPanel
  • Masukkan email dan password yang sudah anda buat sebelumnya lalu klik tombol Log In.
  • Setelah anda berhasil login ke akun email yang sudah dibuat sebelumnya, anda akan diminta untuk memilih satu aplikasi webmail yang ingin anda gunakan, biasanya akan ada pilihan aplikasi webmail Horde, RoundCube dan SquirelMail, namun jumlah aplikasi webmail tersebut tergantung oleh penyedia hosting. Pilih salah satu aplikasi webmail lalu klik tombol Set as Default untuk menjadikannya sebagai aplikasi bawaan saat anda akan membuka webmail.

Baca juga: Pilih Dedicated Server atau Colocation Server untuk Perusahaan?

  • Berikut adalah tampilan aplikasi webmail horde jika anda memilih untuk menggunakan horde sebagai aplikasi webmail default.

Itu tadi adalah cara termudah membuat email dengan domain sendiri. Setelah anda mengikuti panduan membuat email domain yang ada diatas, maka anda sudah bisa menggunakan email tersebut seperti email pada umumnya mulai dari mengirim email, menerima email, melampirkan file dan menghapus email masuk. Akun gmail yang sebelumnya sudah anda daftarkan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat menerima dan mengirim email dengan cara forwarding. Untuk mengetahui caranya, silahkan lihat artikel Cara Melakukan Forwarding Email Domain Ke Gmail.

Jika anda adalah perusahaan yang memiliki bisnis skala besar, tentu email menggunakan web hosting tidak terlalu optimal karena pada dasarnya web hosting adalah jenis hosting yang diperuntukkan untuk menyimpan data website. Anda tetap bisa menggunakan web hosting sebagai tempat penyimpanan email, namun tentu jumlah email yang bisa diterima dan dikirim secara bersamaan tidak akan terlalu banyak karena akan membebani server.

Baca juga: Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, VPS dan Dedicated Server

Untuk itu anda dapat mencoba layanan email hosting terbaik di Indonesia oleh RackH. Layanan email terbaik yang wajib anda coba. Seluruh data email yang anda miliki akan tersimpan dengan aman karena RackH memiliki data centernya sendiri sehingga tidak perlu takut data anda akan hilang atau bocor ke tangan orang lain.