Ingin Membuat Website Toko Online? Simak Tipsnya Berikut Ini!
News - 30 October 2019 - by RackH
website toko online

Di era digital seperti sekarang, website toko online sangat dibutuhkan, hampir semua toko memiliki website resmi. Tidak hanya untuk keperluan branding, tetapi juga untuk keperluan peningkatan penjualan. Namun, membuat website toko online tidak sama seperti membuat website standar biasa, dibutuhkan tips khusus agar mampu menjaring pelanggan.

Tentunya tips berikut sangat menguntungkan penjual karena akan berimbas pada peningkatan penjualan. Bagi pelanggan, website toko digital dapat mempermudah pembelian suatu produk karena tidak perlu repot pergi ke tokonya secara langsung. Berikut adalah 5 hal yang wajib ada jika ingin website toko onlinenya diserbu pembeli:

1. Harus Memiliki Banyak Pilihan Saluran Pemesanan Online

Siapa yang tidak ingin toko onlinenya diserbu pengunjung. Hal ini, tentunya mengharuskan pemilik toko online tersebut memiliki fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjungnya. Salah satu fasilitas yang dibutuhkan, yakni beragam pilihan saluran pemesanan online. Contoh dari saluran pemesanan online yaitu, mulai dari website, aplikasi mobile, SMS, media sosial, dan lain sebagainya.

Baca lainnya : Cara Membeli VPS Murah di Rackh.com Terbaik

Semakin banyak pilihan saluran pemesanan, semakin banyak peluang pengunjung dimudahkan dalam melakukan pemesanan atau pembelian. Namun, pastikan saluran yang dipilih adalah efektif serta memiliki respon yang cepat dan aktif. Disarankan untuk memiliki tim khusus yang menangani soal layanan pelanggan yang ada di tiap saluran tersebut.

2. Pembuatan Akun Pelanggan Haruslah Dipermudah

Biasanya, setiap pelanggan yang ingin melakukan transaksi di sebuah toko online, harus memiliki akun pelanggan. Namun, kerap kali proses inilah yang biasanya mengurungkan niat pelanggan untuk membeli produk dalam suatu website. Pasalnya, tidak jarang proses pembuatannya memakan waktu lama dan terkesan merepotkan pelanggan.

Tentunya, hal tersebut haruslah diantisipasi agar pelanggan tetap ingin bertransaksi dalam sebuah toko online. Caranya yaitu dengan mempermudah pembuatan akun pelanggan dan buatlah proses ini menjadi lebih sederhana. Jangan biarkan calon pelanggan menunggu lama hanya untuk verifikasi atau konfirmasi email hanya untuk mengaktifkan akun pelanggan.

3. Sediakan Beragam Alternatif Metode Pembayaran

Semua pelanggan tentu menginginkan kemudahan saat bertransaksi lewat toko online. Termasuk di dalamnya, tidak ingin direpotkan dalam hal pembayaran. Kerap kali pelanggan mengurungkan niat melakukan transaksi hanya soal terbatasnya metode pembayaran. Tentunya hal tersebut merugikan penjual bukan?

Oleh karena itu, cobalah untuk menyediakan banyak pilihan metode pembayaran. Tawarkan beragam alternatif metode pembayaran dalam proses pemesanan produk online. Misalnya, dapat menggunakan credit card, PayPal, atau menggunakan kode promosi, voucher, maupun kupon tertentu.

4. Cantumkanlah Tanggal Pengiriman

Poin ini kadang terlupakan bagi pengusaha yang membuat website toko online. Padahal, pencantuman tanggal pengiriman dapat mempermudah pelanggan untuk mengira-ngira kapan barangnya sampai. Apalagi jika pelanggan telah membayar cukup mahal hanya untuk ongkos kirim. Pelanggan juga akan melihat jika toko online tersebut profesional jika memenuhi tenggat waktu yang diharuskan.

Cobalah untuk menyertakan tanggal pengiriman pada saat checkout, untuk semua pembelian di toko online. Tidak lupa, sertakan juga pilihan pengiriman, apakah dengan pengiriman standar atau cepat untuk lebih memudahkan pelanggan.

5. Sisipkan Iklan Setelah Checkout

Menjadi penjual toko, haruslah cerdik, yaitu dengan mengetahui celah dimana sekiranya pelanggan akan tertarik dengan produk yang ditawarkan. Kerap kali pelanggan tertarik setelah melihat iklan produk, lalu mencarinya di situs e-commerce atau bahkan lewat website resminya. Tentunya hal ini dapat meningkatkan penjualan bahkan memperkuat branding di mata pelanggan.

Baca lainnya: Jasa Pembuatan Website Terbaik

Salah satu cara yang dapat diadopsi yaitu dengan menyisipkan iklan setelah checkout. Pasalnya, pelanggan menyukai iklan tambahan seperti ini dan bagi pengusaha dapat menjadi peluang bagus untuk menghasilkan penjualan tambahan. Cobalah untuk menampilkan beberapa produk pilihan terlaris atau memasang promo produk, untuk menarik kembali minat pelanggan untuk berbelanja kembali.

Itulah 5 tips jika ingin membuat website toko online yang sangat berguna baik untuk meningkatkan penjualan ataupun kepentingan branding. Cobalah jalankan satu-satu tips tersebut dan rasakan langsung imbasnya pada penjualan. Teruslah membuat inovasi baru untuk menarik pelanggan baru dan menambahkan loyalitas pada pelanggan lama.