Tips Memilih Spesifikasi Storage pada Data Center
Server
Technology
Tips - 18 May 2020 - by RackH

Data Center adalah sebuah fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sebuah sistem komputer dan hal lain yang berkaitan dengan komunikasi data dan penyimpanan data.

Sederhananya, data center adalah sebuah tempat yang dikhususkan untuk menyimpan server dengan berbagai fasilitas infrakstruktur yang mendukung.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat menggunakan Data Center mulai dari fasilitas lengkap seperti pendingin ruangan, genset, alat pemadam dan yang paling penting adalah adanya sistem keamanan untuk menjaga data perusahaan agar tetap aman.

Salah satu hal paling penting yang menjadi pertimbangan banyak orang saat memilih layanan data center adalah storage.

Idealnya, data center storage terdiri dari hard disk drives, tape drives, dan berbagai bentuk lain dari penyimpanan internal serta eksternal, software untuk mengelola penyimpanan dan backup, fasilitas penyimpanan eksternal seperti cloud, serta teknologi storage networking seperti storage area networks (SAN) dan network attached storage (NAS).

Tapi tentunya setiap penyedia layanan data center memiliki fasilitas storage yang berbeda. Karenanya, agar bisa mendapatkan layanan data center yang tepat dan sesuai kebutuhan, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Menyediakan Virtual Storage Tiering

Bukan hanya menyimpan data sesuai kapasitas yang ada tapi data center yang baik juga harus dapat menyimpan jenis media dan data yang berbeda. Misalnya data yang tidak terlalu krusial bisa disimpan di data drive, sedangkan untuk yang lebih krusial bisa disimpan dalam flash drive

Kepadatan Daya yang Tinggi

Seiring berjalannya waktu, kemungkinan besar bisnis Anda akan berkembang. Secara otomatis, kebutuhan akan data center storage juga ikut bertambah. Artinya, ada kemungkinan Anda akan menambah kapasitas storage, yang pasti berdampak pada daya listrik yang dibutuhkan di data center. Oleh sebab itu, saat memilih layanan data center, perhatikan desain kepadatan daya listriknya (high power density).

Kemampuan Backup dan Replikasi

Proses distribusi data bukan satu-satunya hal penting yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih layanan data center. Replikasi juga berperan tak kalah penting dalam hal ini. Sistem penyimpanan data center tidak hanya harus bisa mengelola data pada situs utama, tetapi juga harus bisa mereplika data tersebut secara efisien ke lokasi lain sekaligus melakukan online backup.

Keamanan data

Satu hal yang tak kalah penting adalah keamanan data. Tentunya, menjaga keamanan data pada data center ini akan lebih rumit daripada hanya sekadar menjaga data yang ada di laptop. Anda bisa menjaga keaman data di laptop dengan menggunakan situs canggih yang bisa melacak penyusup di laptop, tetapi Anda tidak bisa menggunakannya pada data center. Sebab, provider data center yang berkualitas harus menggunakan multi level security dalam sistemnya untuk mencegah ketika beberapa akses tidak sah yang mungkin bisa masuk