Mengenal Jenis-Jenis Arti Error Pada Website [404, 400, 402]
Internet - 14 June 2019 - by RackH
Mengenal Jenis-Jenis Arti Error Pada Website [404, 400, 402]

Pernahkah kalian melihat error saat akan mengakses website yang anda kunjungi. Terkadang saat mengakses website anda dapat menemukan kode eror, misalnya 404, 500 atau mungkin 402. Tahukah anda jika kode error tersebut memiliki maksud dan tujuan tertentu untuk memberitahu anda penyebab errornya website tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Error 500 di Website WordPress Termudah

Lalu apa sebenarnya arti dari masing-masing kode error yang muncul di website yang sedang anda kunjungi? Ada banyak orang yang tidak mengetahui maksud dari kode error tersebut sehingga banyak yang beranggapan jika perbedaan kode tersebut tidak terlalu penting.

Untuk mengetahui maksud dan arti kode error yang ada pada website saat anda sedang mengunjunginya berikut kami jelaskan masing-masing maksud dari kode error pada website. Mari simak!

Arti kode error 400 : Bad Request

Error 400 bad request adalah error yang muncul apabila anda salah mengetikkan alamat website pada address bar yang ada di web browser

cobalah periksa kembali alamat website yang anda ketikkan pada web browser, bisa jadi website tersebut sebenarnya tidak terdaftar sehingga anda mengakses website yg tidak ada.

Arti kode error 401 : Unauthorized

Jika anda menemukan kode error seperti ini saat sedang mengunjungi website maka artinya anda tidak memiliki authorisasi atau hak akses pada halaman web tersebut karena hanya bisa diakses menggunakan password atau kata sandi saja.

Baca juga: 5 Bahaya Saat Menggunakan Aplikasi VPN Gratis di Android

Arti kode error 402 Payment Required Error

Sebenarnya kode ini sangat jarang terjadi saat anda sedang mengakses website. Kode error ini adalah kode yang menunjukkan adanya kesalahan dalam pembayaran yang sedang anda lakukan.

Arti kode error 403 : Forbidden

Saat anda sedang mengunjungi website dan menemukan error 403 maka artinya anda tidak bisa mengakses halaman web tersebut karena tidak diberi akses oleh pemilik website. Sehingga server secara otomatis akan menolak permintaan anda.

Arti kode error 404 : Not Found

Kode error yang satu ini sangatlah terkenal karena sering muncul saat anda sedang asyik menjelajahi internet. Sepertinya sebagian pengguna internet pernah mengalami error 404 Not Found. Arti dari error 404 Not Found adalah data atau halaman web yang anda minta tidak tersedia di website yang anda kunjungi. Bisa jadi karena memang halaman tersebut tidak pernah ada atau mungkin dihapus oleh pemilik website.

Baca juga: 5 Plugin Terbaik WordPress di Tahun 2019

Arti kode error 405 : Method Not Allowed

Kode error ini akan tampil jika permintaan yang kita lakukan menggunakan metode yang tidak diperbolehkan oleh server. Munculnya kode ini memberikan informasi jika server tidak memberi izin dan tidak bisa memenuhi perintah dari browser.

Itu tadi adalah informasi mengenai arti dari kode error yang biasa muncul di web browser anda. Arti kode error diatas belum menampilkan keseluruhan dari kode error yang anda temukan di web browser, kami akan menyambungnya kembali di artikel bagian kedua.