dipantau.com : Pantau Hasil Pemilu 2019 Dengan Mudah dan Terpercaya
News - 24 April 2019 - by RackH
dipantau.com - Pantau Hasil Pemilu 2019 Dengan Mudah dan Terpercaya

Pada tanggal 17 April 2019, seluruh masyarakat Indonesia telah melaksanakan kewajibannya sebagai Warga Negara Indonesia yaitu mengikuti pemilihan umum. Untuk pertama kali dalam sejarah, pemilu kali ini dilaksanakan secara serentak dimana pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ikut digabungkan dengan pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Tingginya tingkat antusiasme masyarakat sudah terlihat dari jauh hari tepatnya pada akhir tahun 2018, apalagi pada pemilu kali ini masa kampanye yang ditetapkan KPU adalah 7 bulan, sehingga secara tidak langsung meningkatkan semangat masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya.

Tingginya tingkat antusiasme masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya membuat pemilu tahun ini terasa begitu berbeda, bahkan berdasarkan data KPU (Komisi Pemilihan Umum) tingkat partisipasi pemilihan masyarakat Indonesia sekitar 80,90 persen yang artinya hampir 150 juta dari 190 juta jiwa penduduk Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih pada pemilu 2019 (Sumber data pemilih: katadata.co.id).

Besarnya partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2019 ini sayangnya tidak dibarengi dengan tingkat kepercayaan terhadap lembaga perhitungan suara Quick Count, apalagi kedua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden sudah mengumumkan kemenangannya meskipun pada hasil Quick Count yang dilaksanakan oleh 12 lembaga menyatakan pasangan keunggulan untuk kubu 01.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya kita bersama-sama melihat hasil resmi yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia. KPU sendiri sudah memberikan website perhitungan resmi yang menampilkan data suara masuk dari seluruh TPS di Indonesia secara real-time. Hal dilakukan KPU dengan tujuan untuk menciptakan pemilu damai dan transparan.

dipantau.com #RelawanTeknologiInformasi

Gambar: dipantau.com

Selain lembaga Quick Count dan KPU, ada juga lembaga lain yang melakukan perhitungan secara real dengan izin KPU. Banyaknya website perhitungan suara pemilu 2019 membuat RackH membangun sebuah website yang berisi dengan informasi dari berbagai macam hasil hitung suara baik hitung suara Quick Count yang diterbitkan oleh 12 lembaga survei dan hitung suara Real Count yang diterbitkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum), Kawal Pemilu, Roemah Djoeang dan Ayo Jaga TPS.

Adapun 12 lembaga survei hitung cepat yang ditampilkan pada dikawal.com adalah:

  • LSI Denny JA
  • Litbang Kompas
  • Charta Politika
  • Saeful Mujani Research and Consulting
  • Voxpol Center
  • Indo Barometer
  • Indikator Politik
  • Populi Center
  • Poltracking
  • Kedai Kopi
  • Lembaga Survei Indonesia
  • Median

Tujuan dibuatnya website informasi perhitungan suara dipantau.com adalah agar masyarakat bisa membandingkan dan memantau perolehan suara dari masing-masing lembaga baik Quick Count, Real Count dan KPU dengan mudah.

Dipantau.com adalah website yang diciptakan secara transparan tanpa memihak siapapun. Data yang ada pada dipantau.com adalah data yang didapat dari masing-masing website perhitungan suara sehingga tidak akan ada rekayasa pada setiap hasil yang muncul di website dipantau.com. Semoga dengan adanya website ini, informasi hoax yang banyak beredar di media online bisa dicegah sehingga tidak timbul perpecahan ditengah masyarakat.