Cara Setting Plugin Yoast SEO Terbaru Dengan Mudah
Tips - 16 September 2019 - by RackH

Cara setting Yoast SEO sebenarnya sangatlah mudah, namun anda harus bersabar saat mengaturnya agar artikel yang anda tulis dapat muncul dihalaman pertama Google.

Baca juga: Cara Membeli Hosting Untuk Membuat Website

Yoast SEO adalah plugin WordPress gratis terbaik diantara plugin-plugin lainnya. Terbukti dengan jumlah unduhan dan penggunaan yang mencapai lebih dari 5 juta kali. Pada artikel ini kami akan memberikan panduan bagaimana cara setting plugin Yoast SEO terbaru dan terlengkap. Namun sebelum itu mari simak penjelasan mengenai apa itu Yoast SEO.

Yoast SEO adalah plugin yang berfungsi untuk membantu anda saat menulis artikel di WordPress. Yoast SEO akan membantu anda dalam optimasi artikel yang anda tulis. Ada beberapa fitur penting yang ada pada Yoast SEO, berikut diantaranya:

  1. Mengubah SEO Title dan Meta Description di semua postingan
  2. Konfigurasi robot.txt atau Meta Robot
  3. Verifikasi Google Webmaster Tool, Bing, dan Yandex dengan lebih mudah
  4. XML Sitemap
  5. Breadcumbs
  6. Permalinks
  7. Meta Robot
  8. Google Snippet
  9. dan yang terakhir fitur Analisa

Fitur tersebut dapat anda manfaat dengan baik untuk optimasi website, namun pastikan anda tidak asal setting karena akan berakibat fatal pada website yang anda kelola.

Cara memasang plugin Yoast SEO di WordPress

Sebelum mulai untuk setting Yoast SEO, tentunya anda harus memasang atau menginstal plugin Yoast SEO terlebih dahulu di website WordPress anda.

Masuk ke wp-admin

Pertama, silahkan masuk kedalam halaman wp admin website anda.

Add New Plugin

Masuk ke halaman plugin lalu pilih Add New.

Install plugin Yoast SEO

Cara install yoast seo

Setelah masuk kedalam halaman Add New Plugin selanjutnya plugin Yoast SEO melalui kolom pencarian yang ada lalu klik tombol Install Now, lalu kemudian aktifkan plugin dengan menekan tombol Active.

Selamat, anda sudah berhasil menginstall plugin WordPress Yoast SEO. Sekarang saatnya membahas bagaimana cara setting plugin Yoast SEO.

Cara setting Yoast SEO

Jika anda kebingunan untuk setting Yoast SEO, maka berikut ini akan kami berikan panduan setting Yoast SEO terbaik di tahun 2019. Simak tipsnya berikut ini.

1. Yoast SEO Features

Cara setting Yoast SEO pertama kali adalah pada menu Features, untuk mengaturnya silahkan buka menu General > Features. Setelah itu anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

Setting yoast seo di wordpress

Seperti yang anda lihat, terdapat banyak list yang berisi masing-masing funsgi dimana anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya. Berikut akan kami jelaskan masing-masing fungsi tersebut.

  • SEO Analysis, berfungsi untuk menganalisis skor keseluruhan dari SEO pada website anda.
  • Readability Analysis, berfungsi untuk menganalisis nilai baca tulisan pada artikel.
  • Connerstone Content, berfungsi untuk menuliskan focus keyword utama pada artikel.
  • Text Link Counter, berfungsi untuk menampilkan jumlah internal link yang ada pada artikel anda.
  • XML Sitemaps, berfungsi untuk memudahkan Google bot saat melakukan crawl pada website Anda. Pastikan anda mengaktifkan fitur ini agar website anda bisa terindex Google.
  • Ryte Integration, fitur ini berfungsi untuk menampilkan SEO pada konten Anda berdasarkan warna. Hijau artinya baik, Gray berarti masih ada kekurangan dan Merah artinya masih harus diperbaiki.
  • Admin Bar Menu
  • Security

Pastikan anda aktifkan seluruh fitur yang ada agar kinerja SEO pada website anda dapat lebih baik.

2. Webmaster Tool Yoast SEO

Webmaster Tool berfungsi untuk verifikasi website anda dari Search Engine dengan memasukkan kode tertentu. Biasanya anda akan memasukkan kode verifikasi Search Engine secara manual melalui halaman koding yang ada pada website anda, namun dengan Webmaster Tool Yoast SEO anda tidak perlu melakukan hal tersebut. Terdapat beberapa Search Engine yang ada pada menu Webmaster Tool diantaranya adalah Bing, Baidu, Google dan Yandex. Agar website anda lebih maksimal di mesin mencari atau Search Engine maka pastikan anda melakukan verifikasi Search Engine.

3. Setting General Yoast SEO

Pada menu Search Appearance > General gunakan titel separator yang bertanda minus lalu klik Save changes.

4. Content Types Yoast SEO

setting yoast seo

Pada menu Search Appearance > ContentTypes pastikan anda mengaktifkan semua setting Post in search result dan SEO title dengan urutan Title, Page, Separator, Site title kemudian Save changes.

5. Setting Media Yoast SEO

Pada Media & attachment URLs biarkan saja tetap aktif karena rekomendasi dari Yoast SEO. Setelah itu klik Save changes.Settings Taxonomies Yoast SEO

6. Settings Taxonomies Yoast SEO

Pada bagian Taxomonies, ubah semua setting ke Yes agar kategori yang anda miliki akan terindeks search engine.

7. Setting Breadcrumbs di Yoast SEO

Menu Breadcrumbs berguna untuk mempermodah navigasi pengunjung saat berada pada website anda. Jika website anda tidak memiliki breadcrumbs bawaan atau tidak SEO friendly maka anda wajib mengaktifkan Breadcrumbs melalui Yoast SEO, namun jika anda sudah menggunakan tema atau template yang SEO friendly, anda tidak perlu mengaktifkannya.

Itu tadi adalah beberapa panduan setting plugin Yoast SEO yang bisa anda coba. Pastikan anda memahami semua fungsi yang ada pada Yoast SEO agar website anda bisa lebih optimal didalam Search Engine Google. Selamat mencoba!