Cara Optimasi Gambar Di Website WordPress Dengan Mudah
Tips - 30 September 2019 - by RackH
Cara Optimasi Gambar Di Website Wordpress Dengan Mudah

Cara optimasi gambar di website wordpress sangatlah penting karena akan mempercepat loading website anda. Dengan memiliki website yang punya loading cepat maka website anda juga akan semakin banyak di kunjungi oleh pengguna internet karena saat mereka mengakses website anda, mereka tidak harus menunggu lama karena website anda sudah punya loading yang cepat. Selain mempercepat loading website, optimasi gambar di website wordpress juga memiliki berfungsi untuk meningkatkan SEO pada website anda, gambar yang ada pada artikel anda akan masuk di deretan pertama hasil pencarian Google Images dan tentu saja gambar tersebut akan mengarah ke website anda.

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips cara mengoptimasi gambar pada website WordPress, dengan mengikuti panduan ini maka gambar yang ada pada website anda akan meningkatkan jumlah pengunjung website dan membuat website anda sering muncul dihalaman pertama search engine. Simak tipsnya berikut ini.

1. Cara Memperkecil Ukuran Gambar di Website

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kecepatan website sangat mempengaruhi SEO pada website anda. Semakin cepat website dibuka, maka semakin optimal website anda dan akan berada di halaman pertama search engine Google. Salah satu cara mempercepat website anda adalah dengan memperkecil ukuran gambar di website anda.

Cara memperkecil ukuran gambar dengan plugin reSmurh.it

cara memperkecil gambar di wordpress

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran gambar pada website wordpress anda, namun salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan plugin wordpress reSmush.it. Plugin ini adalah sebuah plugin yang berfungsi untuk mengecilkan ukuran seluruh gambar yang ada pada website anda secara otomatis, sehingga anda tidak perlu mengecilkan gambar secara manual satu per satu. Kami akan memberikan panduan untuk menggunakan plugin pengecil ukuran gambar di WordPress, simak panduannya.

Baca juga: Review Data Center Indonesia Terbaik

Cara install plugin pengecil ukuran gambar reSmush.it

Untuk menginstall plugin pengecil ukuran gambar atau reSmush.it, pastikan anda sudah masuk kehalaman wp admin. Setelah anda masuk kehalaman wp admin, pilih menu Plugins > Add New. Kemudian ketikkan reSmush.it pada kolom pencarian, lalu klik Install Now.

Untuk mengecek apakah plugin sudah terinstal atau belum silahkan coba lihat pada menu Media > reSmush.it.

Cara menggunakan plugin pengecil ukuran gambar di WordPress

Untuk menggunakan plugin pengecil ukuran gambar di WordPress silahkan pilih menu Media > reSmush.it. Selanjutnya anda akan diarahkan kedalam halaman seperti dibawah ini.

Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, ada beberapa list pengaturan yang bisa anda setting, berikut ini kami akan menjelaskan kepada anda cara menggunakan plugin mengecilkan ukuran gambar di WordPress.

  • Image quality: Anda dapat mengatur berapa persen kualitas gambar yang akan di kompress atau di kecilkan, saat baru menginstalnya maka akan muncul angka 92, namun anda juga dapat menggantinya, misalnya jika anda ingin gambar pada website anda punya ukuran yang kecil agar loading website bisa cepat maka anda bisa mengaturnya menjadi 70.
  • Optimized on upload: Dengan mengaktifkan optimized on upload maka setiap gambar yang di upload pada website wordpress anda akan secara otomatis kecilkan atau di kompress tanpa harus dilakukan secara satu per satu.
  • Optimized all pictures: Tombol yang berfungsi untuk mengoptimasi semua gambar yang ada pada website anda. Saat anda meng-klik tombol tersebut maka akan muncul loading bar yang berfungsi untuk memberikan informasi jika gambar pada website anda sedang dalam proses pengecilan.

2. Cara optimasi SEO gambar di Website WordPress

Tidak hanya optimasi ukuran saja, SEO atau search engine optimization juga perlu anda lakukan pada gambar yang ada didalam konten website anda. Tujuannya tentu agar gambar tersebut dapat muncul di barisan pertama saat pengguna mencari kata kunci terkait di halaman Google Search Image, berikut beberapa tips cara mengoptimasi gambar di website WordPress.

Gunakan alt text pada gambar

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan SEO pada gambar yang ada di artikel adalah dengan memasukkan keyword pada alt text. Untuk memasukkannya anda dapat menambahkannya melalui tombol edit pada gambar di dalam editor artikel WordPress.

Gunakan jenis file yang direkomendasikan

Saat mengupload gambar pada artikel yang akan anda buat, pastikan anda menggunakan jenis file atau ekstensi yang direkomendasikan. Ada banyak ekstensi file yang bisa anda gunakan seperti .jpg, png, dan gif. Namun jenis file yang paling ringan dan dapat optimal untuk dibuka melalui web browser adalah format webp. Format ini lebih direkomendasikan untuk anda gunakan dalam artikel website anda.

Gunakan cache pada gambar

Selain mengompress gambar, menggunakan cache juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan gambar pada website anda. Untuk menerapkan cache pada gambar, anda dapat menggunakan plugin caching seperti w3 super cache dan lainnya.

Kesimpulan

Dengan mengoptimasi gambar di website WordPress, rangking website anda akan semakin meningkat dan tentu saja akan meningkatkan trafik ke website atau blog anda. Untuk lebih menambah kecepatan website anda, pastikan anda menggunakan hosting terbaik di Indonesia.