Cara Membuat Website Sendiri Untuk Pemula (WordPress)
Hosting
Tips - 10 May 2019 - by RackH
Cara Membuat Website Sendiri Untuk Pemula (Wordpress)

Pada era internet seperti sekarang ini, website adalah tempat yang sangat penting bagi semua. Hampir semua orang memanfaatkan internet untuk mencari informasi dan biasanya informasi tersebut tersaji pada sebuah website. Mulai dari informasi umum, kesehatan, sosial, politik, review produk bahkan berjualan online. Intinya semua informasi bisa ditemukan pada website. Tak heran banyak pemula yang ingin mengetahui cara membuat website sendiri.

Baca juga: 7 Bisnis Online Yang Menjanjikan Untuk Dicoba 2019

Pada artikel ini kita akan membahas cara membuat website sendiri untuk pemula secara lengkap, beberapa point yang akan kita bahas dalam membuat website untuk pemula adalah sebagai berikut:

  1. Langkah 1: Memilih ide tema website
  2. Langkah 2: Mendaftarkan nama domain
  3. Langkah 3: Memilih web hosting
  4. Langkah 4: Menentukan platform yang akan digunakan
    1. Cara membuat website dengan WordPress
    2. Memilih tema atau template wordpress
    3. Memasang tema wordpress di website sendiri
    4. Install plugin di wordpress

Dahulu membuat website adalah sebuah hal yang sulit dilakukan karena anda harus mengerti bahasa pemrograman web untuk menciptakan website, namun hal itu berubah ketika banyak CMS (Content Management System) bermunculan dan dikenal oleh banyak, beberapa CMS yang terkenal diantaranya adalah WordPress, Joomla, Drupal, Prestashop, Opencart dan vBulletin.

Baca juga: Cara Mengetahui Tema WordPress Orang Lain Dengan Mudah

Dengan munculnya CMS membuat banyak orang awam atau pemula yang sebelumnya tidak pernah membuat website menjadi bisa membangun dan membuat websitenya sendiri. Pembuatan website yang awalnya lama karena dibuat secara manual oleh programmer berubah menjadi semakin cepat karena munculnya CMS ini.

Lalu bagaimana cara membuat website untuk pemula dari tahap awal hingga selesai? Berikut ini kami berikan panduan langkah membuat website untuk anda.

Langkah-langkah membuat website sampai online

Ada beberapa langkah dan cara membuat website anda sampai online. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk membuat website sesuai dengan yang anda inginkan.

1. Memilih ide untuk website anda

Sebelum membuat website tentu anda harus memilih ide atau tema website anda. Pikirkanlah website apa yang ingin anda buat, bagaimana website anda akan berkembang nantinya, anda bisa mencari referensi mengenai tema yang tepat untuk website anda. Dengan ide dan tema yang tepat serta konsisten, maka bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan uang dari membuat website.

Ada beragam fungsionalitas website di internet, berikut ini beberapa kelompok jenis website yang mungkin bisa anda jadikan acuan saat akan membuat website:

  1. Blog: Sebaian besar webmaster yang suskes serta berhasil memulai perjalannnya sebagai seorang blogger. Ada banyak topik atau niche yang bisa dimanfaatkan, traveling, makanan, musik, buku atau yang sekarang sedang naik daun yaitu review.
  2. Toko online atau ecommerce: Website yang paling sering dikunjungi oleh orang apalagi dengan banyaknya metode dropshipping banyak orang yang mencoba untuk mengembangkan bisnis online dengan berjualan.
  3. Portfolio: Jika anda adalah seorang profesional dan ingin terlihat lebih profesional maka dengan membuat website sendiri anda akan terlihat lebih profesional, anda bisa membuat website yang berisi dengan informasi mengenai diri anda mulai dari pengalaman kerja, kemampuan atau skill dan proyek yang pernah anda kerjakan sebelumnya, anda dapat menunjukkan kelebihan anda pada website portfolio.

2. Mendaftarkan nama domain website

Setelah mendapatkan ide untuk membuat website sendiri, selanjutnya anda harus mendaftarkan nama domain website anda di penyedia layanan domain seperti RackH Domain. Anda juga harus memikirkan apa nama domain yang cocok untuk tema website yang akan anda buat, ada beberapa tips dalam memilih nama domain, berikut tipsnya:

  1. Pastikan nama domain website anda unik.
  2. Tidak meniru domain orang lain.
  3. Nama domain bisa berupa brand anda atau juga berisi dengan keyword yang ingin anda kuasai.
  4. Jangan gunakan simbol (-) penghubung dan angka pada domain.
  5. Buatlah domain sesingkat mungkin agar mudah diingat.
  6. Perhatikan juga media sosial, pastikan nama domain website anda tidak digunakan di sosial media, contoh jika nama domain anda adalah bajumedan.com maka media sosial anda juga harus bernama bajumedan.com, pastikan nama tersebut belum digunakan pada media sosial.

Baca juga:Cara Memilih Domain Yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Setelah anda berhasil menentukan nama domain, silahkan daftarkan domain tersebut di www.rackh.com/domain, masukkan nama domain, pastikan domain tersedia untuk dibeli, kemudian selesaikan proses pembelian.

Cara Membuat Website Sendiri Untuk Pemula (WordPress)

3. Memilih web hosting

Setelah membeli domain, anda membutuhkan web hosting sebagai tempat penampung data website. Silahkan ke menu Cloud Hosting lalu pilih jenis hosting yang akan anda beli, pastikan sesuai dengan budget anda, ada berbagai jenis web hosting mulai dari shared hosting, cloud hosting, VPS dan dedicated hosting. Jika anda masih ingin mencoba membuat website namun tidak memiliki cukup uang, maka anda dapat menggunakan web hosting gratis terbaik dari RackH sebelum beralih ke web hosting premium.

Cara Membuat Website Sendiri Untuk Pemula (WordPress)

4. Menentukan platform untuk membuat website

Setelah anda sudah memiliki domain dan hosting, selanjutnya anda harus memilih platform yang akan digunakan untuk membuat website sendiri, ada banyak platform CMS (Content Management System) yang bisa anda coba, mulai dari yang paling terkenal WordPress, Joomla, Drupal dan Prestashop. Dengan menggunakan CMS, website yang anda buat akan selesai dalam waktu singkat, selain itu anda juga tidak memerlukan keahlian coding karena dalam proses membuat website tidak ada satupun bagian dimana anda harus coding. Sangat mudah bukan? Lalu bagaimana cara membuat website dengan wordpress? Berikut kami berikan panduan lengkapnya kepada anda.

Baca juga: Hosting Terbaik di Surabaya Data Center

1. Cara membuat website sendiri dengan WordPress

cara buat website wordpress

WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) yang paling banyak digunakan. Dari seluruh website didunia, 30% nya menggunakan CMS WordPress sebagai platform untuk membuat websitenya, mengapa WordPress menjadi CMS paling populer dan paling direkomendasikan? Berikut alasannya:

  1. Penggunaannya yang mudah: membuat siapa saja bisa menggunakan WordPress. Bahkan orang awam sekaligus akan mengerti cara menggunakan WordPress pada website miliknya.
  2. Tidak memerlukan skil pemrograman: Sehingga anda tidak perlu khawatir jika terdapat permasalahan pada website anda.
  3. Punya komunitas besar: Banyaknya komunitas dan forum-forum WordPress yang ada di internet membuat anda akan sangat mudah saat mencari solusi permasalahan yang terjadi.
  4. SEO friendly: Dengan menggunakan WordPress anda tidak perlu mengkhawatirkan struktur SEO yang ada didalam website anda. WordPress dirancang dengan sebaik sehingga lebih SEO friendly dibandingkan dengan membuat website manual atau dengan CMS lainnya.

Baca juga: 7 Manfaat Email Hosting Untuk Bisnis

Cara pasang WordPress di website

Untuk memasang WordPress di website sendiri ada 2 cara, pertama dengan menggunakan Softaculous dan menggunakan cara manual. Kami akan memberikan panduan cara pasang WordPress diwebsite menggunakan Softaculous dan cara manual, mari simak caranya.

1. Silahkan login ke cPanel hosting anda yang sudah diberikan oleh penyedia hosting.

cara buat website wordpress

2. Cari menu Softaculous App Installer pada cPanel anda, kemudian pilih WordPress

cara buat website wordpress

3. Pilih tombol install, lalu atur instalasi WordPress anda, pastikan direktori instalasi WordPress anda hapus agar WordPress terinstal ke domain utama anda. Setelah itu isi semua data yang harus diisi agar proses instalasi dapat dilakukan.

Cara Membuat Website Sendiri Untuk Pemula (WordPress)

4. Setelah proses instalasi selesai, anda sudah bisa login menggunakan username dan password yang sebelumnya sudah anda buat.

Cara pasang WordPress di website(Cara manual)

Berbeda dengan cara sebelumnya, cara ini sedikit rumit karena anda diharuskan mengupload file instalasi WordPress dan membuah database secara manual. Untuk mengetahui cara pasang WordPress di website secara manual, berikut panduannya:

1. Download file instalasi WordPress berbentuk zip di wordpress.org/download.

2. Masuk ke cPanel lalu buatlah database dan user database baru. Pilih meny MySQL databases lalu masukkan nama database kemudian klik Create Database. Pada kolom username isi nama username database lalu isi password kemudian klik Create User.

Cara Membuat Website Sendiri Untuk Pemula (WordPress)

3. Setelah membuat database dan user database, tambahkan user ke database pada bagian Add User To Database kemudian pilih Add. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman Manage User Privileges, ceklis All Privilages kemudian pilih Make Changes.

Cara Membuat Website Sendiri Untuk Pemula (WordPress)

4. Kembali ke halaman utama cPanel kemudian pilih menu File manager > public_html > pilih tombol Upload > Pilih file instalasi WordPress dan tunggu proses upload selesai.

5. Setelah sukses mengekstrak file, pindahkan seluruh file yang ada didalam folder WordPress keluar atau ke public_html.

Cara Membuat Website Sendiri Untuk Pemula (WordPress)

6. Masuk ke domainkamu.com kemudian ikuti proses instalasi, mulai dari nama website, database, user database, password database, user admin dan password admin.

Baca juga: Perbedaan Cloud Hosting, Shared Hosting, VPS dan Dedicated Server

7. Setelah proses instalasi selesai, anda sudah bisa login menggunakan username dan password yang sebelumnya sudah anda buat melalui namadomain.com/wp-admin.

2. Memilih tema atau template website WordPress

Ada ratusan ribu tema yang tersedia di website WordPress mulai dari yang gratis hingga berbayar. Untuk memilih tema gratis yang disediakan oleh WordPress silahkan ke menu Appearance > Themes > Add New kemudian pilih tema yang anda sukai lalu klik Install.

memilih tema website wordpress

Selain memilih dan memasang tema gratis yang disediakan oleh orang WordPress, anda juga bisa memasang tema gratis dari website lain yang menyediakan tema WordPress secara cuma-cuma, salah satu contoh website yang menyediakan tema website WordPress gratis adalah justfreethemes.com atau anda juga bisa membeli tema WordPress premium yang punya segudang fitur bermanfaat untuk website anda, salah satu website penyedia tema website WordPress premium adalah themeforest.com.

3. Cara memasang tema wordpress

Berikut ini adalah cara memasang tema WordPress di website anda, pertama pastikan anda sudah login di halaman admin WordPress pada website anda, jika belum silahkan login terlebih dahulu pada www.namawebsite.com/wp-admin kemudian masukkan username dan password milik anda. Setelah itu ikuti langkah berikut ini:

Baca juga: Review Layanan Dedicated Server Terbaik Dari Rackh.com

  1. Pilih menu Appearance > Themes > Add Themes > Upload Themes kemudian upload file tema yang sudah anda download. Pastikan file tersebut berbentuk zip lalu klik Install Now.
  2. Setelah file tema selesai diupload pilih Active untuk mengaktifkan tema.
  3. Jika berhasil maka anda sudah bisa melihat hasil tema yang sudah anda install pada website milik anda.
mengganti tema website wordpress

4. Cara memasang plugin di website WordPress

Membuat website dengan wordpress sangatlah menguntungkan karena anda dapat menikmati ribuan tema dan plugin tanpa harus mengeluarkan uang. Plugin berfungsi untuk menambahkan fitur lain yang tidak ada pada WordPress bawaan, ada banyak plugin yang sangat bermanfaat untuk website anda. Berikut ini adalah beberapa plugin yang wajib anda instal pada website sendiri setelah berhasil menginstall WordPress.

Plugin Wordpres yang wajib anda install di website anda

1. WP Super Cache

WP Super Cahce adalah salah satu plugin terbaik yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan website anda. Saat ini WP Super Cache telah didownload dan diinstal lebih dari 1 juta kali. Cara kerja plugin WordPress ini adalah dengan menampilkan file statis dari website WordPress anda untuk ditampilkan kepada pengunjung. Dengan file statis, loading website anda akan jauh lebih cepat karena pengunjung tidak perlu load seluruh file.

Baca juga: 10 Cara Ampuh Mempercepat Loading Website Blog WordPress

2. Yoast! SEO

Yoast SEO adalah plugin SEO terbaik yang ada pada WordPress, dengan total lebih dari 5 juta instalasi aktif menyematkan Yoast SEO sebagai plugin SEO terbanyak digunakan. Ada banyak fitur yang bisa anda manfaatkan untuk mengoptimasi website WordPress milik anda. Mulai dari membuat sitemap XML, analisa keyword artikel, mengubah deskripsi pada artikel dan hal lain yang akan memudahkan anda dalam mengoptimasi Website.

3. Akismet

Plugin ini sangat berguna untuk memfilter komentar spam yang sering masuk diwebsite anda. Biasanyanya komentar ini dibuat oleh bot. Akismet akan secara otomatis menyaring setiap komentar yang ada dan memasukkannya kebagian spam jika terindikasi sebagai komentar spam.

4. Contact Form 7

Contact Form 7 adalah salah satu plugin esensial yang wajib ada di website WordPress anda. Dengan Contact Form 7 anda dapat mengelola form kontak, kostumasi warna, isi form dan memforward isi kontak ke email anda.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Internet Untuk Mendapatkan Uang Di Bulan Ramadhan

Lalu bagaimana cara memasang plugin WordPress di website anda? Berikut ini cara pasang plugin di Wordpess anda dengan mudah.

  • Silahkan masuk ke Halaman dasbor admin WordPress website anda.
  • Pilih menu Plugin > Add New Plugin.
  • Cari plugin yang ingin anda pasang pada kolom pencarian, lalu klik tombol Install.
  • Jika anda ingin memasang plugin secara manual, pilih tombol Upload plugin kemudian pasang.

Selamat anda sudah berhasil membuat website sendiri menggunakan WordPress. Anda sudah mengetahui cara membuat website mulai dari proses pemasangan website ke hosting, membeli domain, memilih ide website dan mengetahui plugin yang wajib diinstal pada website. Semoga panduan ini dapat membantu anda dalam membuat website dengan mudah tanpa perlu menguasai bahasa pemrograman. Selamat mencoba!