Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula
Hosting
Tips - 16 July 2019 - by RackH
Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula

Saat ini rata-rata setiap orang lebih memilih untuk membeli sesuatu atau berbelanja secara online melalui internet. Ini dilakukan karena proses berbelanja melalui toko online jauh lebih praktis dan cepat dibanding harus berbelanja offline. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang yang besar bagi anda yang tidak memeiliki toko namun ingin berjualan dan mendapatkan untung yang besar.

Namun sebagai pemula yang tidak pernah membuat toko online anda pasti merasa bingung mulai belajar darimana untuk membuat toko online. Oleh karena itu kami akan memberikan panduan cara membuat toko online dengan mudah untuk pemula.

Sebenarnya membuat toko online sangatlah mudah, anda hanya butuh waktu sebentar untuk belajar membuat toko online dan bisa langsung berjualan online. Berikut ini adalah panduan membuat toko online yang bisa dipraktekan langsung untuk pemula.

Yang dibutuhkan untuk membuat toko online

Sebelum membuat toko online anda harus mempersiapkan 2 hal berikut ini:

  • Hosting – Anda harus memiliki web hosting untuk menyimpan file-file website toko online anda.
  • Domain – Domain adalah identitas dari toko online, pastikan anda memiliki domain dengan nama unik dan sesuai brand atau produk anda.

Cara membuat website toko online

Beli Hosting dan Domain

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membuat toko online adalah membeli hosting dan domain. Kami akan memberikan panduan cara membeli hosting dan domain dari RackH.com, namun jika anda sudah memiliki hosting dan domain maka anda tidak perlu mengikuti tahapan ini, silahkan langsung ke tahap selanjutnya.

1. Silahkan akses halaman Hosting RackH untuk memilih paket hosting yang ingin anda beli.

2. Ada 4 pilihan paket hosting yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Klik Order Now untuk membeli paket.

3. Masukkan nama domain yang ingin anda daftarkan, anda dapat memasukkan nama domain dengan nama toko online anda contohnya: tokobajumurahmedan.com atau tokoririn.com.

4. Setelah anda anda memilih nama domain dan hosting, selanjutnya anda harus membayar agar hosting tersebut dapat segera anda gunakan.

Instalasi Website

Setelah hosting dan domain anda berhasil langkah selanjutnya adalah memulai proses instalasi website toko online milik anda. Disini kita akan menggunakan WordPress sebagai CMS Content Management System, alasannya karena WordPress bukan hanya sekedar CMS yang digunakan untuk membuat website blog namun juga untuk membuat toko online atau ecommerce.

1. Silahkan akses cPanel anda dengan cara membuka website anda lalu tambahkan “/cpanel” contohnya seperi ini www.nilocatur.com/cpanel. Kemudian masukkan username dan password yang sudah diberikan saat anda membeli hosting.

2. Pilih menu softocoulus dan cari WordPress kemudian klik untuk mulai melakukan instalasi.

3. Pilih tombol Install Now kemudian atur direktori agar WordPress terinstall di domain utama anda.

4. Masukkan informasi sesuai dengan yang ada pada keterangan seperti username password, nama website dan deksripsi website, lalu kemudian Install.

Jika semua proses berjalan dengan lancar maka artinya anda sudah berhasil menginstall wordpress yang nantnya akan kita pasang dengan plugin untuk mengubah wordpress menjadi toko online.

Memasang plugin Woocommerce

Langkah selanjutnya adalah menginstall plugin Woocommerce untuk mengaktifkan fitur seperti yang ada di toko online.

1.Pertama silahkan ke menu Plugins > add new

2. Kemudian pada kolom pencarian cari Woocommerce dan klik install

cara membuat toko online
cara membuat toko online

4. Setelah itu aktifkan dengan cara klik tombol “Active”.

Ganti tema/template website

Langkah selanjutnya adalah mengganti tema atau template bawaan wordpress ke template yang mendukung Woocommerce. Ada banyak penyedia tema atau template yang bisa anda coba.

1. Mengganti tema dengan cara memilih menu Appearance > Themes > Add New.

2. Kemudian cari tema yang mendukung Woocommerce, anda dapat mencari tema tersebut dengan keyword “shop” pada kolom pencarian.

Selamat! Sekarang anda sudah punya toko online milik anda sendiri. Agar toko online anda dapat berjalan dengan lebih sempurna, anda dapat melakukan konfigurasi Woocommerce.