Maksimalkan Facebook Ads untuk Bisnismu!
News - 4 February 2020 - by RackH
cara membuat facebook ads

Cara membuat facebook ads – Di dunia bisnis dan pemasaran, Facebook menawarkan kesempatan yang baik sebagai sarana pemasaran. Ya, mungkin kamu sudah pernah dengar soal Facebook Ads.

Menurut data dari Pew Research Centre, Facebook masih menjadi media sosial yang paling banyak diakses dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Dengan kata lain, pengguna Facebook masih berpotensi menjadi calon pelanggan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Ditambah lagi, demografi pengguna Facebook pun beragam. Berbagai produk dan layanan dapat dipromosikan dengan strategi Facebook Ads.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook

Facebook Ads Adalah

Facebook Ads adalah media beriklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens nya. Penempatan iklan biasanya berada pada beranda atau sidebar. Terdapat beberapa macam iklan yang disediakan oleh Facebook Ads. Jika dilihat dari bentuknya terdapat iklan video dan iklan gambar. Facebook Ads juga memiliki beberapa kategori iklan yang dilihat dari tujuannya misalnya, Impression, Traffic, Lead dan lain sebagainya.

Selain karena jumlah pengguna aktifnya yang berlimpah dan terus meningkat dari tahun ke tahun, Facebook Ads juga memiliki berbagai kelebihan sebagai platform iklan yang andal untuk bisnis Anda. Apa saja kelebihan Facebook Ads? Berikut penjelasannya:

Kelebihan Facebook Ads

Setelah mengetahui pengertian cara membuat Facebook Ads, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus beriklan di Facebook.

1. Pengguna Aktif

Pengguna Facebook tidak hanya banyak, tetapi juga aktif. Facebook adalah media sosial paling aktif kedua di Indonesia setelah YouTube. Orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3 jam 23 menit per hari di media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.

2. Demografi Beragam

Selain memiliki pengguna berlimpah yang aktif, demografi pengguna Facebook juga beragam. Berdasarkan laporan We Are Social 2018, 56 persen pengguna Facebook adalah laki-laki dan 44 persen sisanya adalah perempuan.

Dilihat dari kelompok usia, Facebook juga menawarkan target audience bermacam-macam. Seperti yang bisa Anda lihat pada grafik di bawah ini, Facebook memiliki sebaran pengguna dari kelompok usia aktif dari remaja hingga dewasa.

cara membuat facebook ads

3. Target Spesifik

Dari sekian banyaknya pengguna aktif dengan demografi yang beragam, Anda bisa menentukan target iklan Anda sespesifik mungkin. Anda bisa mempersempit target iklan berdasarkan lokasi, usia, hingga minat dan hobi.

4. Jangkauan Organik Facebook

Mungkin Anda sudah memiliki fanpage bisnis di Facebook dengan jumlah follower ribuan atau bahkan puluhan ribu. Sayangnya, kini Facebook menerapkan sistem timeline non linear yang seringkali menyebabkan follower Anda terlambat atau bahkan tidak melihat promo dan penawaran yang Anda posting di fanpage. Solusinya? Anda bisa memanfaatkan Facebook Ads. Facebook Ads tidak hanya memungkinkan untuk menjangkau follower Anda, tetapi juga mendapatkan follower baru.

5. Biaya Facebook Ads yang Murah

Dibandingkan dengan channel iklan lainnya, Facebook Ads bisa dibilang memiliki biaya iklan yang murah. Dengan Rp 10.000,- Anda sudah bisa menyewa iklan di Facebook Ads. Tidak hanya itu, Facebook Ads juga memiliki fitur pengoptimalan anggaran iklan yang memaksimalkan jangkauan iklan namun dengan biaya yang terjangkau. Jika Anda sudah mahir memilih audiens iklan Anda, Facebook akan memberikan harga iklan yang sangat murah.

Siapkan Laman Facebok untuk Hasil yang Maksimal

cara membuat facebook ads

Facebook membedakan akun pribadi dengan akun bisnis, public figure, atau pun organisasi. Untuk tampilan yang lebih profesional, kamu bisa membuat profil Facebook untuk bisnis.

Akan tetapi, kamu harus bisa menggunakannya secara maksimal. Membuat akun saja tidak akan menjamin strategimu sukses.

Jangan khawatir, berikut adalah panduan untuk memaksimalkan Facebook Ads dari langkah pertama, yaitu membuat laman yang menarik.

1. Foto Profil dan Cover Image

Untuk bisnis, pilih logo perusahaan atau produk sebagai foto profilmu. Lain halnya dengan cover image.

Kamu bisa berkreasi di bagian cover image. Sebagian orang menampilkan foto tim karyawannya. Atau kamu bisa juga menampilkan ilustrasi yang menggambarkan image dari produk kamu tersebut.

Ingatlah bahwa cover image haruslah menjadi bagian yang menarik saat pertama kali orang-orang mengunjungi laman Facebook bisnismu.

2. Bagian About

Dalam cara membuat Facebook Ads, bagian “About” atau “Tentang” adalah tempat kamu menjelaskan perusahaan dan produk yang kamu pasarkan.

Di bagian bawah foto profil, jangan menjelaskan terlalu banyak hal. Pastikan apa yang kamu sampaikan cukup jelas, padat, dan menarik.

Sedangkan untuk bagian penjelasan penuh tentang perusahaanmu, pastikan untuk memberikan informasi selengkap mungkin. Apa yang membuat produkmu berbeda, juga fakta-fakta produkmu yang dapat menarik audience.

3. Bagikan Informasi di Timeline

Pastikan Facebook page-mu diisi dengan informasi yang menarik dan bermanfaat. Audience tidak akan tertarik jika seluruh isi Facebook page-mu hanya berjualan terus.

Justru dengan konten yang bermanfaat, orang-orang akan mau membagikan post-mu sehingga kamu bisa menjangkau lebih banyak orang.

Dalam Facebook Ads, tidak perlu posting terlalu sering karena akan mengganggu. Kecuali ada event khusus, pastikan apa yang kamu bagikan memang benar-benar berguna dan menarik.

Kamu bisa menginformasikan promo, link menuju situs web dan blog, atau pengumuman penting lainnya. Intinya, seimbang jadi kunci dalam menentukan konten apa yang mau kamu bagikan.

4. Perhatikan Statistik

Pernah dengar fitur insights di Facebook? Fitur ini membantumu melacak performance Facebook page-mu dan bagaimana respon audience.

Manfaatkanlah fitur ini untuk mengevaluasi strategi Facebook marketing-mu.

Cara Membuat Facebook Ads

Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan bila kalau ingin memasang iklan lewat Facebook Ads!

1. Login ke Facebook Ads

Cara membuat facebook ads

Kunjungi website Facebook Ads dan klik “Buat Iklan.” Setelah itu, login menggunakan akun Facebook-mu yang digunakan untuk mengelola halaman iklan. Nanti kamu akan langsung menuju ke page Facebook Ads Manager. Jika halaman yang kamu buka bukan halaman pengaturan Facebook Ads, klik “Pusat Iklan” untuk mengarahkanmu ke langkah selanjutnya.

2. Mulai Promosikan Iklan

Setelah sampai di halaman pengaturan Facebook Ads, klik panel “Promosikan” di sebelah kiri atas untuk menampilkan halaman pop-up yang menawarkanmu beberapa pilihan cara mengembangkan bisnis, seperti mempromosikan halaman, mempromosikan bisnis secara lokal, menambah pengunjung website, dan mendapatkan lebih banyak prospek. Kamu bisa meng-klik pilihan yang direkomendasikan, yaitu “Dapatkan Lebih Banyak Pengunjung Situs Web.”

3. Persiapan Materi Iklan

Pada halaman ini, isilah informasi terkait halamanmu. Semakin lengkap informasi yang kamu berikan, akan semakin besar kemungkinanmu mendapatkan pengunjung website atau jangkauan yang kamu tuju. Pilih foto dengan kualitas terbaik yang mewakili produkmu, jangan blur atau terlalu gelap. Ingatlah bahwa nantinya foto yang kamu pilih akan ditampilkan dalam ukuran kecil, jangan gunakan foto yang mempunyai detail terlalu kecil.

Saat kamu scroll ke bawah, kamu akan menemukan beberapa detail lain, yaitu durasi penayangan iklan. Tentukan seberapa lama iklanmu akan tayang. Ingat, semakin lama iklanmu tayang, tentu akan memengaruhi seberapa banyak kunjungan di websitemu.

4. Lakukan Pembayaran

Usai mempersiapkan informasi yang akan kamu iklankan, Facebook akan menentukan jumlah tagihan yang perlu kamu bayarkan. Pada contoh di bawah ini, penayangan iklan selama satu minggu menghabiskan biaya sekitar Rp500 ribu dengan tarif per hari sekitar Rp72 ribu. Harga yang ditampilkan berbeda-beda tergantung informasi apa saja dan iklan apa yang akan kamu tampilkan di halaman Facebook.

Jika kamu sudah selesai menentukan informasi hingga perkiraan biaya yang akan dikeluarkan, klik “Promosikan” agar dapat lanjut ke cara pembayaran. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan, yaitu melalui pembayaran debit atau kredit. Berikut ini adalah bank yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran Facebook Ads.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kamu telah mendapat info penting mengenai Facebook Ads, seperti apa manfaatnya bagi bisnismu, dan bagaimana cara memasang iklannya. Saat websitemu mendapat banyak kunjungan hingga dapat meningkatkan traffic, pastikan websitemu sudah memenuhi standar keamanan sehingga tidak lelet atau eror saat melayani pengunjung dengan memastikan bahwa websitemu sudah berlangganan hosting di RackH. Selamat mengembangkan bisnismu dan semoga berhasil!