Apa Itu Unicorn? Berikut Penjelasan dan Pengertiannya
News - 26 February 2019 - by RackH
Apa Itu Unicorn? Berikut Penjelasan dan Pengertiannya

Dunia startup memang sangat menarik untuk dipelajari mengingat di era digital seperti sekarang ini, perkembangan startup baik di Indonesia maupun seluruh dunia sangat luar biasa. Hal ini bisa terjadi tidak terlepas dari perkembangan teknologi digital yang terus meningkat dan juga kebutuhan pasar terhadap sebuah aplikasi yang bisa membantu dan mempermudah setiap orang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 7 Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Website Di Google 2019

Ada beberapa istilah didalam dunia startup yang menarik perhatian untuk dibahas, mulai dari IPO, Venture Capital, Inkubator dan Unicorn. Pada artikel kali ini, kita akan membahas salah satu istilah didalam dunia startup yang sedang hangat-hangatnya istilah tersebut adalah unicorn, artikel ini akan menjelaskan mengenai pengertian unicorn didalam dunia startup.

Baca juga: Hosting Terbaik di Surabaya Data Center

Mayoritas penduduk di Indonesia tidak mengetahui istilah unicorn meskipun mereka sudah menggunakan aplikasi dari perusahaan startup yang sudah berstatus sebagai unicorn. Lalu sebenarnya apa itu unicorn didalam dunia startup? Pengertian unicorn dan penjelasannya? Untuk mengetahuinya, berikut penjelasan mengenai unicorn didalam dunia startup.

Pengertian unicorn didalam dunia startup

Unicorn didalam dunia startup bukanlah sebuah kuda putih dengan tanduk seperti yang ada didalam dunia dongen cerita anak-anak. Unicorn dalam dunia startup adalah sebuah istilah yang digunakan kepada startup atau usaha rintisan yang memiliki nilai valuasi sebesar 1 miliar dollar Amerika. Nilai valuasi tersebut bukanlah nilai dari investasi namun sudah termasuk seluruh nilai dari sebuah startup.

Baca juga: Social Media Perusahaan Wajib ada, Apa untungnya?

Asal-usul penamaan istilah unicorn didalam dunia startup

Istilah Unicorn diambil dari jenis kuda mitologi yang memiliki sebuah tanduk dikepalanya. Unicorn sendiri digunakan kepada sebuah startup untuk merepresentasikan status dari si kuda unicorn tersebut dimana langka dan sulit atau mustahil untuk dicapai.

Dilansir dari laman tirto.id, istilah startup pertama kali diperkenalkan oleh seorang investor Cowboy Ventures bernama Aileen Lee. Melalui artikel yang berjudul “Welcome to The Unicorn Club”. Aileen Lee menjelaskan mengenai istilah Unicorn, dimana ia mengidentifikasi 39 startup yang berstatus Unicorn dan menurutnya setiap tahun akan bertambah empat startup yang berstatus unicorn. Meskipun pada saat artikel ini ditulis, sudah ada lebih dari 300 startup berstatus Unicorn di dunia.

Baca juga: Cara Memilih Domain Yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Ada berapa startup Unicorn asal Indonesia?

Tidak ingin kalah dengan startup luar negeri yang sudah mendapatkan status sebagai startup Unicorn, di Indonesia sendiri juga sudah ada empat startup yang mendapatkan julukan sebagai startup Unicorn. keempat startup tersebut adalah Gojek dengan valuasi sebesar 9,5 miliar dollar Amerika, Tokopedia sebesar 7 miliar dollar Amerika, Traveloka 4,1 miliar dollar Amerika dan Bukalapak 1 miliar dollar Amerika.

Tidak terlepas kemungkinan jika dalam beberapa tahun kedepan akan ada lagi startup-startup buatan anak Indonesia yang mendapatkan status sebagai startup Unicorn, kita tunggu saja.

Artikel yang menarik untuk dibaca