Apa itu dropshipper, penjelasan, contoh dan cara kerjanya
News - 16 March 2020 - by RackH
apa itu dropshipper

Apa itu dropshipper – Banyak fenomena bermunculan orang-orang yang sukses dalam kehidupannya meskipun tingkat pendidikan mereka rendah. Dijaman modern seperti sekarang ini untuk sukses tidak lagi di ukur dari tingginya tingkat pendidikan. Banyak pekerjaan sampingan yang hanya mengandalkan jaringan internet cepat untuk menghasilkan jutaan hingga milyaran rupiah setiap bulan.

Itu bermacam-macam mulai dari blogger, youtuber, trading forex , saham , jual beli online, dropshipper dan lain sebagainya. Orang yang kini sudah sukses pasti dulunya juga merangkak dari bawah.

Tidak mungkinkan seorang penjual ketika posting produk pertamakali yang order langsung ribuan? semua pasti ada masa-masa trial dan errornya sendiri.

Mungkin ada dari kalian yang ingin terjun di dunia bisnis? itu mungkin membutuhkan banyak pengetahuan dan mungkin anda harus rela berkorban uang-tenaga-waktu. Seperti halnya bisnis dropshipper. Bisnis yang banyak membuat orang kaya dadakan, serta membantu menghabiskan stok produk di gudang dengan cepat.

Dropship bukanlah money game dimana anda menabung uang digital dengan iming-iming untung sekian persen setiap bulan, juga bukan permainan judi.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Toko Online untuk Pemula

Dropshipper itu sistem dalam berjualan online. Untuk lebih jelasnya maka pada artikel kali ini akan kami bahas secara tuntas mengenai pengertian dropship, penjelasan, contoh dropship dan cara kerjanya.

Apa itu dropshipper ?

Sebagian orang yang sudah pernah terjun ke dunia marketing pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Dropshipper, akan tetapi lain halnya bagi kalian yang masih baru terjun di dunia marketing dan gaptek pasti kebingungan, apa sih sebenarnya dropshipper itu ?

apa itu dropshipper

Dropshipper sendiri adalah suatu agen atau yang biasa dikenal dengan penjual/seller yang dimana penjual tersebut menjual kembali produk-produk yang berasal dari supplier atau yang biasa disebut distributor secara langsung.

Akan tetapi pada dropshipper ini.. si penjual tidak memiliki produknya. Jadi, Dropshipper itu hanya menjual informasi dari suatu produk di supplier dan apabila ada pembeli maka secara otomatis penjual mendapat keuntungan sekian persen dari total harga barang yang terjual.

Alur dan Skema Dropshipper

apa itu dropshipper

Misalnya kita bikin perumpamaan A = Penjual, B = Supplier.

Penjual A membuat akun dan Toko Online di situs ecommerce misalnya saja Bukalapak, Tokopedia, Shopee, BliBli , Lazada atau yang lainnya. Lalu si Penjual A ini membuat sebuah postingan produk lengkap dengan informasi mengenai rincian produk tersebut seperti thumbnail gambar, deskripsi produk, harga produk dsb kemudian mempostingnya.

Apabila produk yang di post tersebut laku dan ada yang membelinya, maka yang akan mengirim produk yang laku tersebut yaitu si B atau si Supplier atau Distributornya, dan bukan si A atau penjual nya.

Kronologisnya begini :

Ada situs supplier yang memiliki banyak produk (apapun itu baik alat kesehatan, makanan instant, produk elektronik sb) misal cakning.com, lalu anda mendaftarkan diri sebagai dropship dengan mambayar biaya pendaftaran dan melakukan top up saldo 5 juta.

Baca juga : Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung ke Website

Kemudian anda tertarik untuk memasarkan produk teh herbal daduzi -pengecil perut buncit, anda bebas mengambil thumbnail gambar produk, deskripsi dan sebagainya dari katalog supplier kemudian menjualnya dengan harga suka-suka.

Barang di supplier pasti harganya lebih murah, misal satu pack daduzi isi 12 bungkus harga disupplier 120 ribu dan anda memasarkannya kembali dengan harga 170 ribu.

Jika ada yang tertarik untuk membeli produk itu, anda tinggal mengorderkan ke supplier (dipotong saldo top up ) untuk dikirimkan ke alamat rumah pembeli atas nama pengirim anda.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

apa itu dropshipper

Setelah kita membaca penjelasan tentang aktivitas dropshipper di atas tadi, pasti ada sedikit gambaran di kepala anda mengenai cara kerja dropship

Menjadi dropshipper memiliki banyak keuntungan lho, adapun apa saja keuntungan dari dropshipper diantaranya sebagai berikut:

  • Berjualan dengan sistem dropshipper tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membuka toko online atau di pusingkan dengan cara mengirim barang ke rumah pembeli, mereka cukup memasarkan produk-produk dari supplier yang sudah ada, penjual memanfaatkan situs media sosial, situs toko online, beriklan dan sebagainya untuk memasarkan produk
  • Berjualan dengan sistem dropshipper tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk membeli produk atau menyetok produk terlebih dahulu karena supplier sudah memiliki ratusan atau mungkin ribuan produk siap dipasarkan
  • Berjualan dengan sistem dropshipper tidak perlu ikut campur dalam melakukan proses pengiriman barang kepada pihak pembeli, karena proses pengiriman akan di kelola oleh supplier. Pelaku dropshipper akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan harga yang ia jual, misalnya harga dari supplier 100.000 dan si penjual menjual produk tersebut seharga 150.000 maka melalui dropshipper ini ia mendapatkan keuntungan sebesar 50.000 dari selisih harga awal tadi.

APLIKASI DROP-Y! APLIKASI DROPSHIPPING

apa itu dropshipper

Aplikasi Drop-Y! adalah aplikasi untuk management dropshipping. Dapat memanage produk-produk, transaksi dan member dropshipping anda.

Aplikasi akan menggunakan logo, branding dan akun google play bisnis anda.

Setiap member dapat mendownload aplikasi untuk akses khusus ke produk-produk anda dan tentunya member akan mendapatkan harga produk yang spesial. Anda dapat menarik biaya pendaftaran dari setiap member.

Beberapa keunggulan dan benefit dari aplikasi dropshipping:

  • Dapat memanage produk-produk anda
  • Dapat memanage diskon, kupon dan promo-promo spesial lainnya
  • Dapat memanage order dan transaksi
  • Laporan harian / mingguan / bulanan / tahunan
  • Laporan transaksi per member
  • Dapat membuat biaya pendaftaran per member
  • Dan banyak fitur-fitur dan modul lainnya

Demikian sedikit informasi mengenai arti dropshipper, dengan membaca artikel ini diharapkan para pembaca dapat memahami apa saja keuntungan jual beli online menggunakan sistem dropship. Yang penting action dulu, masalah skill dan pengalaman bisa anda pelajari pelan-pelan. Sekian dari kami, Terima kasih……