10 Cara Ampuh Mempercepat Loading Website Blog WordPress
Hosting - 6 March 2019 - by RackH
10 Cara Ampuh Mempercepat Loading Website Blog Wordpress

Mempercepat loading website pada blog WordPress anda merupakan sebuah hal yang harus anda lakukan ketika anda memiliki sebuah blog yang menggunakan platform WordPress. Studi yang dilakukan oleh Google di tahun 2018 menjelaskan jika mayoritas pengguna internet di Indonesia akan meninggalkan website yang dikunjungi loading lebih dari 3 detik. Bayangkan saja, hanya karena satu atau dua detik saja pengunjung blog anda berkurang karena loading website blog anda yang lambat.

Baca juga: 6 Tools Untuk Cek Kecepatan Website Anda Gratis

Pada artikel ini kami akan memberikan 10 cara ampuh untuk mempercepat loading website blog wordpress anda. Untuk bisa mempercepat loading website blog wordpress, ada banyak hal yang harus anda perhatikan, namun sebelumnya mengetahui cara mempercepat loading blog, kami akan membahas apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika anda memiliki blog wordpress dengan loading cepat.

Manfaat mempercepat loading website blog wordpress anda

Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dengan mempercepat loading website blog wordpress anda, apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Berpengaruh terhadap SEO Website anda

Mempercepat loading website blog anda akan berpengaruh terhadap SEO website wordpress anda. Dengan begitu website anda akan lebih mudah ditemukan karena lebih sering berada di halaman pertama search engine. Google sendiri menyebutkan jika kecepatan website adalah salah satu faktor yang berpengaruh terhadap SEO website blog wordpress anda. Oleh karena itu mempercepat loading website blog wordpress anda akan sangat bermanfaat untuk SEO.

Baca juga: 7 Faktor Yang Mempengaruhi Peringkat Website Di Google 2019

2. Mempercepat loading website membuat pengunjung betah

Dengan mempercepat loading website blog anda maka secara tidak langsung akan membuat pengunjung yang membaca isi konten didalam blog anda. Oleh karena itu mempercepat loading website wordpress bisa membuat bounce rate atau rasio pentalan pada website anda menjadi kecil. Semakin kecil bounce rate artinya semakin betah pengguna berlama-lama di website blog anda. Tentu semakin betah pengguna berlama-lama di blog anda menjadi indikator jika website atau blog anda benar-benar dioptimasi dengan baik.

Cara mempercepat loading website blog wordpress anda

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat loading website blog wordpress anda, mulai dari optimasi website hingga hal yang berkaitan dengan web hosting tempat menyimpan website anda. Lalu apa saja cara ampuh yang harus anda lakukan untuk mempercepat loading website blog wordpress anda? Simak panduannya disini.

1. Gunakan web hosting yang berkualitas

Cara ampuh mempercepat loading website blog wordpress pertama adalah menggunakan web hosting yang berkualitas. Web hosting adalah hal paling dasar yang harus anda perhatikan saat akan mempercepat loading blog wordpress anda. Hal ini karena meskipun anda berusaha untuk mempercepat loading website blog wordpress anda namun web hosting yang anda gunakan tidak berkualitas dan lambat, maka usaha anda untuk mempercepat loading blog akan menjadi sia-sia.

Baca juga: Daftar Hosting Gratis Premium Tanpa Iklan Hanya Di Rackh!

Oleh karena itu pastikan anda menggunakan web hosting yang berkualitas. RackH adalah layanan web hosting terbaik di Indonesia yang memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas, silahkan cek layanan cloud hosting terbaik di Indonesia RackH untuk mengetahui beragam jenis harga yang sesuai dengan anda.

2. Gunakan theme/tema blog wordpress yang ringan

Tema atau theme di website wordpress sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading website atau blog yang anda miliki. Oleh karena itu, untuk mempercepat loading website blog wordpress anda, pastikan anda menggunakan tema yang ringan, tidak memakan banyak sumber daya hosting dan original alias asli bukan hasil nulled.

Baca juga: Tips Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Website Anda

Tidak jarang dalam beberapa kasus bisa kita temukan jika sebuah website terasa lambat dan berat, namun ketika tema website tersebut diganti tetap dengan hosting dan domain yang sama, loading website tidak menjadi lambat seperti sebelumnya oleh karena itu mengganti theme atau tema sangat krusial dalam mempercepat loading website blog wordpress.


Meski begitu, tidak mudah untuk selalu menggunakan tema wordpress yang ringan dan cepat karena pada dasarnya penggunaan tema ditentukan dengan topik atau jenis website yang akan dibangun. Namun setidaknya anda bisa mencari pilihan tema yang ringan untuk jenis website yang akan anda bangun menggunakan wordpress.

3. Hapus plugin yang tidak diperlukan

Salah satu penyebab lambatnya website wordpress anda adalah karena plugin yang terpasang. Plugin dapat menyebabkan lambatnya loading website, hal ini terjadi karena banyaknya query yang harus dijalankan sehingga membuat hosting anda menjadi overload dan berujung pada website menjadi lambat. Banyak atau tidaknya plugin yang ada pada website anda tidak menjadi acuan sebuah website lambat karena plugin. Namun kualitas dari plugin yang anda pasanglah yang bisa mempengaruhi, jika anda menginstal plugin namun tidak pernah digunakan alangkah lebih baik jika menonaktifkannya.

4. Gunakan plugin caching

Apakah anda pernah mengunjungi website untuk pertama kalinya dan terasa berat, namun ketika mengunjunginya untuk kedua kali atau lebih website tersebut akan loading jauh lebih cepat dari sebelumnya, apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya adalah karena adanya cache pada website yang anda kunjungi, cache akan menyimpan data website kedalam perangkat pengunjung dan akan ditampilkan saat pengunjung kembali kewebsite sebelumnya, dengan begitu pengunjung tidak membutuhkan banyak koneksi internet untuk mengaksesnya karena cache sudah menyimpan data website,

Anda dapat mempercepat loading website blog anda dengan menggunakan plugin cache yang tersedia didalam WordPress. Ada beberapa plugin caching yang bisa anda pasang untuk mempercepat loading blog wordpress anda, diantaranya adalah W3 Total Cache, WP Super Cache dan WP Rocket.

5. Optimasi seluruh gambar pada website

Gambar yang ada didalam website anda juga dapat mempengaruhi kecepatan loading website blog wordpress, bayangkan saja jika pada satu halaman terdapat dua sampai lima gambar dengan ukuran 2Mb, tentu akan membuat website anda menjadi lambar karena pengguna harus dipaksa memuat gambar yang ada di website anda. Oleh karena itu anda harus mengoptimasi seluruh gambar pada website untuk mempercepat loading website blog wordpress. Ada plugin yang bisa anda manfaatkan untuk mengompresi gambar yang ada pada blog anda seperti WP Smush.

6. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

Sebuah website yang dihosting pada server yang ada di Indonesia maka akan lebih cepat diakses dari Indonesia karena faktor jarak yang dekat. Lalu bagaimana jika ada pengunjung yang berada di luar negeri yang mengakses website anda, tentu saja website anda akan menjadi lambat karena jarak yang jauh.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Termudah´╗┐

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan teknologi CDN (Content Delivery Network). CDN adalah sebuah teknologi berguna untuk menyimpan file website anda dan mendistribusikannya ke seluruh server yang ada diseluruh dunia, sehingga pengunjung website yang berada di luar negeri tetap bisa mengakses website anda dengan cepat. Salah satu penyedia CDN yang terkenal adalah CloudFlare, anda bisa coba menggunakan CDN gratis sebelum menggunakan versi berbayar.

7. Gunakan plugin Gzip Compression

Gzip Compression adalah plugin yang bisa anda gunakan untuk mempercepat loading website blog wordpress anda. Seperti namanya, Gzip Compression akan mengompresi seluruh file yang ada didalam wordpress anda sehingga secara otomatis file-file yang ada didalam website akan menjadi lebih kecil dan bisa dibuka lebih cepat. Pengunjung pun tidak akan merasakan loading lambat saat membuka website blog anda karena Gzip sudah mengompresi isi website.

8. Optimasi Database WordPress

Cara ampuh selanjutnya untuk mempercepat loading website blog wordpress anda adalah dengan mengoptimasi database wordpress. Anda tidak harus melakukan cara rumit dengan mengotak-atik database wordpress melalui cPanel, cukup gunakan plugin optimasi database wordpress.

Cara ini mungkin jarang dilakukan oleh pemilik website, padahal ini adalah cara ampuh mempercepat loading website blog wordpress anda. Ada beberapa plugin optimasi database wordpress diantaranya seperti Wp-Optimize dan WP-DBManager.

9. Install plugin Akismet untuk mengurangi spam di Website anda

Komentar spam yang selalu muncul di website selain mengganggu juga membuat berat website anda. Oleh karena itu anda harus menyaring komentar di website agar tetap bersih dan tidak berat. Solusi untuk menyaring setiap komentar spam secara otomatis adalah dengan menginstal plugin Akismet, plugin ini disediakan gratis oleh wordpress, namun meskipun disediakan oleh wordpress, Akismet tidak pre-installed kedalam website wordpress anda. Instal plugin Akismet di menu plugin wp-admin. Setelah anda menginstalnya, maka secara otomatis Akismet akan menyaring setiap komentar spam dan menghapusnya.

10. Matikan fitur pingback

Fitur pingback yang ada pada wordpress tidak terlalu baik untuk digunakan karena setiap kali seseorang link ke anda, pingback atau trackback akan dibuat akan membebani sumber daya server dan database website wordpress. Oleh karena itu untuk mempercepat loading blog wordpress anda, pastikan anda mematikan fitur tersebut.

Itu tadi adalah 10 cara yang bisa anda lakukan untuk mempercepat loading website blog wordpress anda. Cara diatas sangat efektif untuk diterapkan jika anda ingin mempercepat website wordpress. Sekian.